WA Web : Pengertian, Cara Pakai, Kelebihan Serta Kekurangannya

 


WA Web : Pengertian, Cara Pakai, Kelebihan Serta Kekurangannya 


Ingin melakukan chat dengan layar yang lebih luas dan mengetik lebih cepat? Salah satu solusinya adalah kamu bisa mencoba WA web agar bisa menjalankan aplikasi tersebut di desktop. 


Banyak sekali fungsi dari aplikasi tersebut saat dijalankan di desktop. Lalu bagaimana cara menjalankan aplikasi Whatsapp di desktop dengan mudah? Berikut ulasannya. 

Apa itu WA Web? 


WA Web adalah layanan online yang memungkinkan pengguna bisa menjalankan aplikasi Whatsapp di desktop. Jadi kamu bisa menggunakan laptop atau PC sebagai sarana untuk menjalankan aplikasi tersebut. 


Dengan layanan tersebut, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas layaknya di aplikasi smartphone. Mulai dari membalas pesan, mengirimkan video atau file, pesan suara, dan berbagai aktivitas lainnya. 


Untuk membuka layanan tersebut, kamu bisa menggunakan browser Google Chrome, Mozilla, atau yang lainnya. Menariknya lagi, layanan ini akan tetap terhubung meskipun aplikasi Whatsapp di smartphone dalam posisi dinonaktifkan. 


Selain itu, layanan ini juga bisa dibuka di banyak dekstop dan maksimal 4 user. Dengan demikian, kamu bisa login dan menjalankan Whatsapp di 4 PC atau laptop yang berbeda. 

Cara Menggunakan WA Web

Setelah mengetahui pengertian WA Web, kamu bisa langsung menggunakan di desktop. Bagaimana langkah-langkah yang perlu dilakukan di browser? Berikut ulasan selengkapnya:


  1. Langkah 1: Buka Whatasapp versi browser di https://web.whatsapp.com/ 

  2. Langkah 2: Pada halaman ini muncul QR Code dan kamu tinggal mengaktifkan smartphone untuk melakukan scanning. 

  3. Langkah 3: Kamu buka Whatsapp di smartphone lalu pilih tiga titik di kanan atas. 

  4. Langkah 4: Kemudian pilih tautkan perangkat dan lakukan scan kode ke layar PC. 

  5. Langkah 5:  Pastikan kode di scan secara benar dan selanjutnya kamu akan ditampilkan layar WA versi browser web. 


Jika kamu ingin menggunakan di PC yang lain maka langkah-langkahnya sama seperti di atas. Hal terpenting dalam proses tersebut adalah pastikan proses scanningnya dilakukan dengan benar dan tepat. 

Kelebihan Whatsapp Web

Ada beberapa kelebihan yang kamu dapatkan dengan menggunakan Whatsapp Web diantaranya:

  1. Lebih Hemat Waktu


Dengan menggunakan versi desktop maka kamu tidak perlu membuka smartphone untuk melihat Whatsapp. Hal seperti ini tentu bisa menghemat waktu agar lebih efektif dan efisien saat membalas chat. 


Hal seperti ini akan sangat berguna bagi yang melakukan pekerjaan full di depan laptop atau PC. Mereka akan lebih fokus pada pekerjaan dan sekaligus membalas semua chat dari PC yang sama. 

  1. Mengetik Cepat


Jika hanya satu chat dari smartphon mungkin bisa cepat tetapi jika dua chat bersamaan tentu kesulitan. Namun dengan layanan ini proses mengetiknya lebih cepat khususnya bagi mereka yang terbiasa mengetik di PC. 

  1. Pengiriman file Langsung dari PC


Saat file ada di PC dan akan dikirimkan ke WA maka prosesnya harus di transfer dulu ke smartphone. Namun dengan layanan tersebut, kamu bisa mengirimkan file langsung dari Desktop. 


Untuk file tersebut bisa berupa apa saja baik itu gambar, suara, video atau yang lainnya. Dengan demikian proses pengiriman file bisa lebih cepat dan mudah karena langsung dari PC. 


Kekurangan WA Web


Selain memiliki kelebihan, WA Web juga memiliki berbagai kekurangan, diantaranya sebagai berikut:

  1. Jaringan Internet Harus Stabil


Dalam menggunakan WA Web, kamu perlu memastikan jaringan tersebut harus stabil. Dengan demikian saat menggunakan layanan tersebut disarankan menggunakan Wifi atau Mifi. 


Dengan jaringan tersebut maka koneksi internet tergolong stabil. Jika tidak demikian maka layanan ini tidak bisa dinikmati dan ini menjadi salah satu kekurangan dari WA Web ini. 

  1. Tidak Dapat Melakukan Panggilan


Semua aktivitas di smartphone dapat dinikmati di layanan WA Web. Namun salah satu fitur yang hingga kini tidak bisa dijalankan adalah melakukan panggilan suara atau video ke pengguna lain. 


Sehingga mau tidak mau saat fitur ini dibutuhkan harus menggunakan smartphone. Namun ini hanya bersifat sementara sehingga bisa saja di waktu yang akan datang fitur ini bisa dinikmati di PC atau laptop. 

  1. Bergantung pada Ponsel


Whatsapp Web ini masih bergantung pada smartphone meskipun tidak sepenuhnya. Jika pada versi beta sebelumnya saat smartphone dimatikan maka layanan ini tidak bisa dijalankan. 


Namun kini saat smartphone dinonaktifkan maka layanan ini tetap berjalan di PC atau laptop. Meski demikian saat kamu menghapus cache di PC maka perlu scan kode dan ini harus dilakukan dari smartphone. Dengan demikian, layanan ini masih bergantung pada smartphone meski tidak sepenuhnya. 

  1. Situsnya Harus Sering Dikunjungi


Saat posisi kamu sedang membuka banyak tab otomatis situs Whatsapp web juga tidak dalam keadaan dibuka. Hal seperti ini akan membuat layanan tersebut seolah-olah tidak aktif. 


Dengan demikian saat ada pesan masuk di Whatsapp maka tidak akan ada notifikasi. Oleh karena itu, kamu perlu mengunjungi situs tersebut dan tunggu hingga websitenya dalam posisi terbuka. 


Dengan cara seperti ini maka Whatsapp tersebut akan terbuka dan notifikasi pesan akan muncul. Ini tentu menjadi kekurangan tersendiri dimana harus sering aktif di situs tersebut. 


Secara keseluruhan Whatsapp web merupakan layanan terbaik yang bisa dinikmati di PC atau laptop. Kamu cukup melakukan log in ke perangkat tersebut maka seluruh aktivitas di smartphone bisa dijalankan di PC. 


Meski demikian situs ini tetap memiliki kekurangan dimana tidak bisa melakukan panggilan suara dan video. Meski demikian, proses mengetik pesan ke pengguna lain bisa lebih cepat dan hemat waktu. 


QNA Terkait WA WEB


  1. Saat PC dimatikan apakah WA Web juga ikut log out? 


Whatsapp Web akan terus aktif meskipun PC atau laptop yang kamu gunakan telah dimatikan. Sehingga ketika PC dihidupkan, kamu tinggal kunjungi saja situs di atas maka kamu bisa langsung masuk ke halaman Whatsapp. Namun dalam beberapa kasus tertentu diperlukan login kembali saat akan masuk via PC. 


  1. Bisakah Log in di 2 PC sekaligus?


Whatsapp web tidak hanya dijalankan di 2 perangkat melainkan dapat berjalan di 4 PC sekaligus. Jadi saat aktivitas ini dilakukan bersamaan tetap akan berjalan seperti biasa dan ini menjadi keunggulan tersendiri dari layanan tersebut. 


  1. Bagaimanakah Cara untuk Log Out dari WA Web? 


Beberapa orang terkadang memilih untuk log out dengan alasan tertentu. Proses ini bisa dilakukan dengan mudah dan cukup dilakukan di PC saja dan tanpa bantuan smartphone. 


Untuk prosesnya, kamu bisa masuk ke profil lalu di sebelah kanan tinggal klik tiga titik bagian atas. Kemudian, kamu bisa memilih logout yang ada di bagian bawah tersebut. 


Jika proses ini dilakukan maka resikonya adalah kamu perlu melakukan log in ulang saat akan masuk. Jadi kamu perlu melakukan scanning kode dari smartphone ke PC atau bisa terhubung seperti sebelumnya. 





Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url