Cara Pakai, Kelebihan dan Kekurangan Soundoftext

 


Seiring perkembangan teknologi, semua hal menjadi semakin mudah untuk dilakukan. Salah satu teknologi masa kini yang bisa kamu gunakan adalah soundoftext.com. Aplikasi berbasis website tersebut bisa digunakan untuk mengubah teks menjadi suara. Biasanya content creator yang tidak percaya diri dengan suaranya menggunakan aplikasi ini. Pasalnya suara yang dihasilkan bisa digunakan untuk mengisi suara atau dubbing sebuah konten.

Bukan hanya untuk kebutuhan konten saja, soundoftext.com juga dijadikan sebagai nada dering WA, SMS, atau yang lain sebagainya. Kamu bebas menggunakan kata-kata apapun sehingga nada dering yang kamu miliki menjadi lebih unik dan menarik.

Mengenal Soundoftext.com Web

Sebelum mengetahui cara pakai, kelebihan dan kekurangannya, kamu harus mengetahui apa itu soundoftext.com. Seperti halnya namanya, soundoftext.com merupakan aplikasi berbasis website atau situs yang bisa mengubah tulisan menjadi suara. Situs tersebut saat ini memang populer dan banyak dibutuhkan seiring banyaknya content creator.

Apabila menggunakan website tersebut, kamu hanya perlu mengetikkan kalimat saja. Nanti kalimat tersebut akan dikonversi menjadi suara yang kamu inginkan. Salah satu suara yang paling populer adalah suara Google Translate. Kamu bisa menggunakannya untuk nada dering, dubbing konten video, dan lain sebagainya.

Kelebihan Soundoftext.com Web

Website soundoftext.com memiliki cukup banyak fitur dan kelebihan yang pastinya akan menguntungkanmu. Inilah berbagai kelebihan dari soundoftext.com:

  1. Bisa mengunduh versi MP3

MP3 atau MPEG-1 Audio Layer 3 merupakan format file suara yang paling populer. Jika ingin membuat dubbing atau pengisi suara, biasanya format MP3 yang harus digunakan. Begitu pula jika ingin mengganti nada dering, kamu juga harus menggunakan format MP3. Manfaat utama dari soundoftext.com memang mengunduh file yang awalnya teks menjadi MP3.

  1. Pilihan bahasa lebih beragam

Setiap bahasa memiliki logat masing-masing. Misalnya logat untuk Bahasa Indonesia berbeda dengan bahasa lain seperti Bahasa Inggris atau Bahasa Jepang. Kamu bisa memilih bahasa sesuai dengan kata-kata yang dimasukkan. Jika kata-kata yang dimasukkan Bahasa Inggris, maka pilihlah Bahasa Inggris.

  1. Tampilan sederhana dan responsif

Soundoftext.com adalah website yang memiliki tampilan sangat sederhana. Bukan hanya itu saja, website ini juga termasuk website yang responsif. Kamu bisa langsung mengubah teks menjadi suara di halaman awal. Jadi langkah-langkahnya tidak panjang dan berbelit seperti beberapa website lain.

  1. Gratis dan tidak banyak iklan

Kelebihan selanjutnya tentu saja sangat disukai oleh banyak orang. Meskipun memberikan banyak kelebihan dan keuntungan, terutama bagi para content creator, namun website ini bisa diakses secara gratis oleh siapa saja. Selain itu, tidak ada banyak iklan yang mengganggu selama kamu mengubah teks menjadi suara.

  1. Tidak perlu install aplikasi

Beberapa orang enggan menginstal aplikasi soundoftext karena hanya digunakan sesekali. Selain itu, penyimpanan yang sudah terbatas menjadi alasan lain mengapa mereka tidak suka install aplikasi. Tenang saja, kamu tidak perlu menginstal aplikasi karena berbasis web dan bisa diakses secara langsung

  1. Proses konversi cepat

Konversi merupakan proses mengubah teks menjadi suara yang kamu inginkan. Istilah lebih sederhananya adalah loading untuk mendapatkan hasil suara. Proses konversi tersebut sangat cepat, bahkan bisa selesai di bawah 5 menit. Banyak orang yang malas melakukan konversi teks menjadi suara jika prosesnya lama.

  1. Kualitas suara bagus

Untuk menghadirkan konten yang berkualitas, maka kamu juga harus menggunakan file-file yang berkualitas. Tenang saja, hasil konversi dari website ini bisa digunakan untuk menghadirkan konten berkualitas. Pasalnya hasil suara jernih dan bagus.

  1. Tidak perlu registrasi dan login

Tidak sedikit aplikasi berbasis website mengharuskan penggunanya untuk mendaftar dan login sebelum menggunakannya. Hal tersebut tentu saja menghabiskan lebih banyak waktu. Namun soundoftext.com bisa digunakan tanpa perlu registrasi dan login. Kamu bisa langsung menggunakannya setelah mengakses situsnya.

  1. Bisa digunakan di semua device

Kelebihan yang terakhir yaitu bisa digunakan di semua device karena memang dibuka melalui browser. Kamu bisa menggunakannya di HP, laptop, ataupun tablet. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan sistem operasi Windows, Android, maupun iOS.

Kekurangan Soundoftext.com Web

Meskipun memiliki banyak kelebihan, namun tetap ada kekurangan yang perlu dijadikan pertimbangan. Inilah kekurangan dari soundoftext.com:

  1. Tidak bisa mengubah banyak kata

Kekurangan website satu ini yang paling terasa adalah tidak bisa mengkonversi banyak teks. Jadi banyaknya teks yang bisa dikonversi menjadi suara masih sangat terbatas. Apabila kamu memasukkan banyak teks, maka hasilnya akan terbagi menjadi beberapa bagian.

Kamu harus mengunduh satu per satu lalu menggabungkannya sendiri. Cukup merepotkan untuk orang-orang yang ingin lebih simpel dan cepat. Apalagi biasanya content creator untuk dubbing membutuhkan teks yang cukup panjang. Jadi harus terbiasa dengan hal tersebut.

  1. Tidak ada alternatif versi aplikasi

Meskipun website memiliki banyak keunggulan karena biasa diakses melalui berbagai device, namun beberapa orang membutuhkan versi aplikasi. Pasalnya versi aplikasi biasanya lebih mudah, simpel, dan cepat dibandingkan versi website. Namun sayangnya soundoftext.com belum memiliki versi aplikasi.

Cara Menggunakan Soundoftext.com

Kamu bisa menggunakan soundoftext.com untuk mengubah teks menjadi suara dengan langkah-langkah berikut ini:

  1. Langkah 1: Masuk ke browser melalui HP, laptop, ataupun tablet. Lalu kunjungi situs soundoftext.com atau lebih mudahnya bisa klik di sini.

  2. Langkah 2: Kamu akan langsung melihat kolom teks di beranda website. Langsung masukkan teks yang ingin kamu ubah pada kolom Text tersebut.

  3. Langkah 3: Jangan lupa untuk memilih bahasa pada bagian Voice.

  4. Langkah 4: Jika semua sudah diatur, selanjutnya tekan Submit berwarna hijau.

  5. Langkah 5: Tunggu proses konversinya.

  6. Langkah 6: Hasil audio dari kalimat yang kamu tulis akan muncul. Coba untuk mendengarkannya dengan tekan Play. Jika kurang sesuai, kamu bisa ulangi dari tahap awal.

  7. Langkah 7: Jika hasil audio sudah sesuai keinginan, tekan Download untuk mengunduh.

  8. Selesai.

QnA

#1. Apakah soundoftext.com aman?

Soundoftext.com merupakan website yang aman. Jadi kamu tidak perlu khawatir akan terkena malware ataupun virus jenis lain. Pastikan untuk mengubah teks menjadi suara melalui website aslinya demi keamanan. Sudah banyak yang menggunakan website tersebut dan tetap aman-aman saja.

#2. Apakah ada situs alternatif lain?

Website yang bisa digunakan untuk mengubah teks menjadi suara sebenarnya cukup banyak. Apabila soundoftext.com tidak bisa digunakan, kamu bisa menggunakan website lain seperti botika.online, fakeyou.com, dan myinstants.com.

#3. Kapan ada versi aplikasinya?

Pengembang yang mengembangkan aplikasi ini belum menyampaikan apakah akan ada versi aplikasi atau tidak. Namun sepertinya untuk sementara ini belum akan ada versi aplikasi. Kamu bisa menggunakan versi website karena sama-sama mudah digunakan.

Penutup

Itulah pembahasan mengenai cara pakai, kelebihan dan kekurangan soundoftext.com. Adanya aplikasi ini tentu saja memudahkan para content creator untuk membuat konten. Apalagi aplikasi berbasis website ini aman, mudah digunakan, dan gratis. Semoga membantu dan selamat menggunakan website soundoftext.com untuk mengubah tulisan menjadi suara yang kamu inginkan.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url