Cara Download Suara Google Translate

 



Semua orang yang hidup di era millenium pasti mengenal yang namanya Google. Google sendiri merupakan salah satu perusahaan teknologi terbesar saat ini. Ada banyak sekali layanan digital populer yang dikembangkan oleh perusahaan yang berpusat di California, Amerika Serikat ini.

Salah satu layanan Google yang paling populer adalah Google Translate. Sesuai namanya, Google Translate bermanfaat untuk menerjemahkan bahasa asing ke bahasa lain yang kamu inginkan atau bahasa Indonesia ke bahasa asing.

Selain manfaat utamanya tersebut, ternyata ada yang menarik dari Google Translate yaitu suaranya. Ada fitur voice di aplikasi tersebut yang saat ini sering dibutuhkan oleh banyak orang. Kamu yang ingin mengetahui cara download suara Google Translate tersebut bisa melihat artikel ini!

Mengenal Google Translate

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya Google Translate atau Google Terjemahan merupakan salah satu aplikasi penerjemah yang paling populer saat ini. Pengguna Android maupun iOS bisa mengunduhnya melalui layanan penyedia aplikasi. Namun biasanya sudah ada aplikasi Google Translate langsung di HP saat kamu membelinya.

Ada beberapa manfaat Google Translate yang perlu kamu ketahui yaitu sebagai berikut:

  1. Menerjemahkan melalui suara, ketikan, situs dan tulisan tangan

Google Translate memiliki banyak fitur yang pastinya sangat disukai banyak orang. Selain bisa menerjemahkan melalui ketikan, aplikasi satu ini juga bisa membantumu menerjemahkan melalui suara, tulisan tangan, bahkan situs website tertentu.

  1. Instant camera translation

Manfaat selanjutnya dihadirkan melalui fitur instant camera translation. Melalui fitur ini, kamu bisa menerjemahkan bahasa melalui gambar dengan memfoto objek yang akan diterjemahkan. Instant camera translation sangat berguna ketika kamu jalan-jalan ke luar negeri.

  1. Menyimpan bahasa secara offline

Manfaat selanjutnya yaitu menyimpan bahasa secara offline. Jadi kamu bisa memanfaatkannya meskipun sedang tidak ada koneksi internet. Fitur ini penting karena tidak semua orang selalu memiliki kuota internet.

Manfaat Suara Google Translate

Suara Google Translate ingin diunduh karena berbagai manfaat, berikut adalah manfaatnya:

  1. Mengisi konten media

Di era ini, suara Google Translate paling sering dibutuhkan untuk konten media. Suara yang unik dari Google Translate digunakan untuk mengisi suara atau dubbing konten Youtube, TikTok, hingga Instagram.

  1. Nada dering alarm, WA, dan SMS

Selain untuk mengisi konten media, suara Google yang diunduh juga bisa digunakan untuk nada dering alarm, WA, SMS, dan lain sebagainya. Kamu bisa mengetikkan kata-kata unik misalnya dengan nama untuk nada dering yang semakin menarik.

  1. Menyimpan hasil terjemahan agar tidak hilang

Beberapa orang terkadang membutuhkan hasil terjemahan dalam bentuk suara agar tidak hilang. Jadi mereka ingin mengunduhnya. Akan sangat malas bukan jika harus menerjemahkan ulang dari awal?

  1. Dikirim ke orang lain

Manfaat suara Google Translate yang terakhir yaitu akan dikirim ke orang lain. Biasanya orang membutuhkan pelafalan atau logat yang benar sehingga membutuhkan suara bukan teks saja. Karena jika yang dikirim teks saja, mereka tidak tahu pelafalan yang benar.

Cara Download Melalui Developer Tools

Cara yang pertama ini bisa dilakukan oleh kamu yang ingin download suara Google Translate melalui PC, komputer, atau Laptop. Langkah-langkahnya yaitu:

  1. Langkah 1: Buka browser lalu masuk ke situs Google Translate atau kamu bisa klik di sini.

  2. Langkah 2: Masukkan tulisan atau teks yang ingin kamu unduh suaranya. Kamu bebas menggunakan bahasa yang diinginkan.

  3. Langkah 3: Jika menggunakan Chrome, tekan ikon titik tiga yang ada di kanan atas.

  4. Langkah 4: Pilih More Tools, lalu Developer Tools. Jika ingin alternatif yang lebih cepat, kamu bisa menekan CTRL+SHIFT+I melalui keyboard.

  5. Langkah 5: Pilih opsi Network yang ada di atas.

  6. Langkah 6: Pilih Tombol Suara di bagian bawah. Nanti akan muncul beberapa jenis file di Network.

  7. Langkah 7: Pilih bagian Media.

  8. Langkah 8: Cari file bernama translate_tss, lalu klik kanan pada mouse dan pilih Open in New Tab.

  9. Langkah 9: Nanti akan muncul suara Google Translate, lanjutkan dengan menekan ikon titik tiga.

  10. Langkah 10. Pilih Download.

  11. Selesai.

Jika tidak ada file translate_tts, kamu bisa klik kanan pada situs Google Translate, lokasinya bebas saja. Selanjutnya pilih Inspeksi dan pilih Network. Tekan tombol suara, nanti file akan muncul secara otomatis.

Cara Download Melalui Voice Maker

Cara lain yang lebih mudah adalah melalui situs Voice Maker dengan langkah-langkah berikut ini:

  1. Langkah 1: Kunjungi Google Translate lalu ketikkan atau ucapkan kata-kata yang diinginkan. Nanti akan muncul hasilnya berupa teks, copy teks tersebut.

  2. Langkah 2: Masuk ke situs Voice Maker dengan klik di sini.

  3. Langkah 3: Paste teks pada kolom Teks lalu pilih jenis bahasa pada bagian Language and Regions.

  4. Langkah 4: Pilih jenis suara pada Voice dan atur suara pada Voice Setting.

  5. Langkah 5: Tekan Convert to Speech.

  6. Langkah 6: Tekan Download MP3.

  7. Selesai.

Karena melalui situs website, kamu bisa menggunakan cara ini untuk download suara Google Translate melalui PC, laptop, tablet, pad, maupun HP.

Cara Download Melalui Narrator’s Voice

Cara ini hanya bisa dilakukan di Android karena aplikasinya berbasis Android, langkah-langkahnya yaitu:

  1. Langkah 1: Unduh aplikasi Narrator’s Voice di Play Store atau melalui link ini.

  2. Langkah 2: Masuk ke Google Translate lalu ketikkan kata yang diinginkan dan copy hasilnya.

  3. Langkah 3: Kembali ke aplikasi Narrator’s Voice, konfigurasi terlebih dahulu dengan klik ikon garis tiga di kiri atas.

  4. Langkah 4: Kembali ke halaman awal dan paste teks dari Google Translate.

  5. Langkah 5: Simpan hasil terjemahan dengan klik ikon simpan.

  6. Selesai.

QnA

#1. Apakah download suara Google Translate aman?

Download suara Google Translate melalui developer tools tentu saja aman. Bukan hanya dengan cara itu, download melalui aplikasi Android seperti Narrator’s Voice dan situs Voice Maker juga aman. Jadi kamu jangan khawatir mengenai malware ataupun virus komputer.

#2. Adakah alternatif situs lain untuk download suara Google Translate?

Ada. Jika situs Voice Maker sedang error, kamu bisa menggunakan alternatif situs lainnya. Salah satu situsnya yaitu Sound of Text dengan klik di sini. Cara download-nya hampir sama, kamu hanya tinggal paste teks dari Google Translate ke situs. Selain Sound Of Text, situs lain yang bisa kamu gunakan yaitu voiceoftext.com, botika.online, vo.codes, dan lain-lain.

#3. Adakah alternatif aplikasi lain untuk download suara Google Translate?

Ada. Kamu bisa menggunakan Telegram untuk download suara Google Translate. Langkah-langkah jika menggunakan Telegram yaitu;

  1. Langkah 1: Masuk ke aplikasi Telegram atau website-nya di sini.

  2. Langkah 2: Cari akun @TTSBot pada kolom search atau klik di sini.

  3. Langkah 3: Tekan Start atau Send Message untuk memulai.

  4. Langkah 4: Nanti akan ada menu dengan beberapa opsi, pilih Speak.

  5. Langkah 5: Paste kalimat yang ingin kamu unduh dari Google Translate. Selanjutnya tekan Send.

  6. Langkah 6: Tekan Download untuk mengunduh video.

  7. Selesai.

Itulah pembahasan mengenai cara download suara Google Translate yang bisa kamu ikuti. Ada beberapa cara sehingga bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Tidak hanya melalui PC saja, kamu juga bisa mengunduh melalui HP. Dengan suara Google Translate tersebut kamu bisa membuat banyak konten menarik.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url