Facebook Lite APK: Fitur, Kelebihan dan Link Download Versi 2022


Sering kesal karena Facebook suka tiba-tiba ngelag atau error? Sebenarnya masalah ini terjadi karena RAM di ponsel kamu tidak bisa menampung kapasitas FB yang notabene sabngan besar. Maka dari itu, sangat disarankan bagi kamu untuk mulai menggunakan Facebook Lite Apk. 

Ini adalah aplikasi yang sama namun memiliki kapasitas lebih kecil sehingga rawan ngelag atau error. Apa saja kelebihan dari aplikasi ini? Dan apa bedanya dengan Fb biasa? Yuk simak bersama. 

Apa Itu Facebook Lite Apk? 

Secara singkat, Fb lite Apk adalah versi ringan dari aplikasi Facebook Original. Aplikasi ini juga  available untuk digunakan di Android dan iOS. Dirilis sejak 2015 lalu, Fb Lite memang sengaja dirancang untuk negara-negara dengan kualitas internet rendah. 

Selain itu, aplikasi ini juga membantu kamu yang masih menggunakan ponsel dengan  spesifikasi rendah. Bayangkan saja, hanya butuh sekitar 1,5 MB saja kamu sudah bisa mengunduh Fb Lite.  

Kamu juga tak perlu khawatir, karena meskipun ukurannya sangat kecil, namun soal fitur dan kegunaan tak jauh beda dengan aplikasi original. Bahkan dengan Fb versi mini ini, kamu bisa bebas berselancar tanpa harus menggunakan kuota internet. Seru banget kan? 

Perbedaan FB Biasa Dengan FB Lite APK

Meskipun fungsinya sama, namun FB Lite dan FB biasa tetap memiliki banyak perbedaan. Berikut beberapa perbedaannya!

  1. Kapasitas Simpan 

Perbedaan paling terlihat antara FB LIte dan FB biasa adalah pada kapasitas penyimpanan. Untuk FB lite hanya membutuhkan sekitar 1,5 MB, sedangkan untuk Facebook versi terbaru membutuhkan ruang simpan hingga 54 MB. 

  1. Kuota Internet

Tak hanya hemat ruang simpan, Facebook mini rupanya juga irit kuota internet. Hal ini berbanding terbalik dengan Facebook biasa yang memakan banyak kuota internet karena banyaknya konten di dalamnya. Selain itu, FB Lite juga masih bisa digunakan untuk ponsel dengan jaringan internet 2G maupun 3G. 

  1. Kecepatan Akses 

Terakhir, antara FB biasa dengan FB Lite memiliki kecepatan akses konten yang berbeda. Kecepatan konten pada FB Lite dinilai jauh lebih baik karena tidak adanya spam konten atau animasi yang tak perlu. Sedangkan untuk FB biasa, animasi dan konten tetap ada sehingga kecepatan aksesnya jauh lebih lambat. 

  1. Fitur Facebook Lite APK

Tak jauh beda dengan versi biasa, FB Lite juga dilengkapi dengan banyak fitur menarik untuk memanjakan penggunanya. Berikut beberapa diantaranya:

  1. Adanya Fitur Notifikasi

FB versi mini ini juga dilengkapi dengan fitur notifikasi ketika ada teman yang menyukai, berkomentar atau membalas pesan kamu. Selain itu, kamu juga dapat memantau aktivitas teman lain saat bermain FB Lite. 

  1. Adanya Fitur Marketplace

Kedua, aplikasi ini juga menyediakan fitur marketplace yang bisa kamu gunakan untuk berbelanja. Di dalam fitur tersebut juga disediakan info terkait harga, nama toko, lokasi dan katalog produk.

  1. Fitur Kirim Pesan

Dengan FB Lite kamu juga bisa melakukan kegiatan kirim pesan dengan teman lain. Selain itu, kamu juga bisa membuat grup FB Lite dan menambahkan beberapa anggota layaknya di FB biasa. 

Download FB Lite APK Terbaru

Bagaimana, mulai tertarik untuk menggunakan FB versi sederhana ini? Jika iya, kamu bisa langsung mengunduhnya lewat link berikut berikut. Ini adalah FB Lite versi terbaru yang baru dirilis pada 27 Mei 2022.

Nah, setelah didownload, kamu bisa langsung install aplikasinya ke smartphone dengan cara di bawah ini:

  • Buka menu Setting lalu pilih Keamanan & aktifkan 'Sumber Tidak Dikenal'

  • Klik file FB Lite yang telah kamu unduh tadi, lalu pilih install

  • Tunggu hingga proses selesai

  • Nah, FB Lite Apk siap digunakan

Kelebihan FB Lite APK

Dirilis sejak 2015, FB Lite tidak langsung menjadi aplikasi dengan fitur lengkap. Namun seiring berjalannya waktu, aplikasi ini terus melakukan inovasi terutama dari segi fitur. Bahkan hingga saat ini, Facebook Lite telah dilengkapi berbagai fitur seperti Reaction, Facebook Stories hingga Messenger. Tak hanya itu, aplikasi ini juga memiliki kelebihan seperti:

  • Aplikasi dengan ukuran yang kecil

  • Instalasi super cepat

  • Hemat kuota internet

  • Masih bisa digunakan untuk ponsel Android dengan jaringan 2G, 3G dan 4G

  • Akses browsing super cepat

  • Tampilan sederhana dan user friendly

Kekurangan Facebook Lite APK

Meskipun dilengkapi dengan banyak kelebihan, namun FB Lite juga tak luput dari kekurangan loh. Berikut beberapa kekurangannya:

  • Fitur kurang lengkap

  • Kualitas video maupun foto kurang bagus

  • Tampilan terlalu sederhana dan kurang artistik

  • Load tidak bekerja secara otomatis

  • Hasil download gambar atau video kurang jernih


Apakah Facebook Lite APK Aman Digunakan? 

Facebook Lite aslinya adalah aplikasi yang bisa kamu unduh langsung dari Play Store. Namun oleh developer lain, aplikasi ini dimodifikasi menjadi Facebook Lite APK. Karena terbilang situs ilegal, FB Lite memiliki beberapa resiko seperti: 

  1. Rawan Malware

Salah satu hal yang cukup riskan ketika menggunakan aplikasi modifikasi adalah rawan terkena malware atau virus. Jika tidak segera diatasi, virus ini dapat merusak perangkat hingga kemungkinan adanya pencurian data.

  1. Rawan Banned

Selain virus, mengunduh aplikasi MOD juga bisa mengakitnarkan akun di banned hingga tidak bisa lagi digunakan. Hal ini karena kamu dianggap mendukung adanya aplikasi ilegal. 

  1. Bisa Merugikan Pihak Developer 

Terakhir, kamu juga bisa merugikan pihak developer ketika memilih untuk menggunakan aplikasi modifikasi. Selain itu, developer asli juga terancam kehilangan royalti hak cipta. 

Dari penjelasan diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa mengunduh FB Lite versi resmi adalah pilihan terbaik. Dengan mengunduh versi resmi kamu tak perlu khawatir dan merasa merugikan developer asli. 

Itulah pembahasan terkait Facebook Lite APK lengkap dengan fitur, keunggulan, kekurangan dan cara download. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk menggunakannya? Download sekarang ya! 

QNA Terkait Facebook Lite APK

Selain dari penjelasan diatas, berikut beberapa pertanyaan yang kerap ditanyakan pengguna soal Facebook Lite APK: 

  1. Bagaimana cara mengunduh FB Lite APK?

Mengunduh FB Lite APK bisa dilakukan lewat Google Chrome dengan mengetikkan keyword “Facebook Lite APK”. Sedangkan untuk versi resminya, bisa langsung diunduh di Play Store secara gratis.

  1. Kenapa loading Facebook Lite lama?

Masalah ini biasanya terjadi karena smartphone yang digunakan tidak mendukung pemasangan aplikasi tersebut. Untuk mengatasinya, kamu bisa install ulang dengan versi terbaru.

  1. Facebook Lite untuk apa? 

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, FB Lite Apk adalah inovasi terbaru dari Facebook dengan tampilan yang lebih sederhana. Aplikasi ini sangat efektif untuk kamu pengguna Android jadul, RAM kurang dari 3GB dan koneksi internet tidak stabil. 

  1. Apakah Facebook Lite Apk bisa digunakan di iOS

Untuk semebatar ini, FB Lite belum bisa digunakan di layanan iOS, melainkan hanya bisa digunakan di smartphone dengan sistem Android saja.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url