8 Cara Menjalankan Bisnis Online Shop

Cara Menjalankan Bisnis Online Shop - E-commerce adalah salah satu industri paling dinamis dalam beberapa tahun terakhir dan di Indonesia, pertumbuhan bisnis online meningkat secara signifikan. 

Saat ini, Indonesia memiliki sekitar 202,6 juta pengguna Internet, dan banyak dari mereka adalah pengguna aktif jejaring sosial, namun, dengan begitu banyak penawaran dan permintaan, setiap pengiklan harus menemukan cara untuk masuk ke pasar.

Di artikel kali ini, akuh.net akan memberikan 8 Cara Menjalankan Bisnis Online Shop

Memiliki toko online memiliki kelebihan dan keuntungan yang tiada habisnya baik bagi pengusaha, pebisnis maupun pembeli, saat ini membuka toko online jauh lebih murah daripada membuka toko fisik


Tidak hanya menghemat fasilitas, mesin, furniture, perlengkapan, sewa, tapi tetap on. internet, visibilitas bisnis jauh lebih tinggi.


Meskipun memulai bisnis online lebih mudah, Anda harus sangat menyadari bahwa, seperti bisnis apa pun, penting bagi Anda untuk dapat mengelolanya dengan baik. Ambil pensil dan kertas dan ikuti langkah-langkah ini:


1. Hal pertama yang harus Anda tinjau dan analisis adalah bahwa ide bisnis Anda tidak hanya memenuhi kebutuhan, tetapi dalam jangka panjang ide itu bisa  dipertahankan, meskipun ada perubahan dan tren pasar. 


Pada langkah ini, akuh.net menyarankan Anda melakukan pencarian bisnis di internet atau halaman web yang berhubungan dengan ide Anda.


Untuk ini, dapat menggunakan mesin pencari internet terbesar, Google, selain meneliti, menganalisis, dan menguatkan bahwa ide bisnis yang Anda miliki dapat berhasil, ini akan membantu Anda menganalisis persaingan dan terutama permintaan


Jika Anda menginginkan pencarian yang lebih terspesialisasi, sebaiknya Google Trends , alat ini akan memungkinkan Anda melihat tren atau popularitas istilah atau kata kunci di lokasi dan periode waktu tertentu.



2. Setelah Anda memvalidasi bahwa ide bisnis Anda memiliki permintaan yang sangat baik di internet, Anda harus memeriksa apakah bisnis ini dapat di skalakan , 

Yaitu memiliki potensi pertumbuhan yang sangat kuat dan bahkan di masa depan, dapat di internasionalkan tanpa Anda harus menginvestasikan kembali dalam infrastruktur atau menaikkan biaya,

Pada titik ini bukan apa yang Anda jual itu sendiri, tetapi cara Anda menawarkannya ke pasar, yang membuat perbedaan.

Meskipun memiliki bisnis yang scalable itu sangat penting, itu bukan persyaratan wajib, tidak semua perusahaan dibuat dengan proposal bisnis yang sempurna dan stabil, di sini yang paling penting adalah ide bisnis ini memiliki kemungkinan untuk muncul kembali seiring berjalannya waktu. .



3. Ketika Anda telah menetapkan ide bisnis Anda, sangat penting bagi Anda untuk mengidentifikasi jaringan yang akan Anda gunakan untuk membuat diri Anda dikenal, 




4. Kontrol stok toko online Anda. Ketika calon pelanggan mengunjungi toko online, mereka  harus  tahu secara real time  stok apa yang tersedia dan berapa harganya. 

Banyak pengusaha mengambil resiko berjualan tanpa terlebih dahulu mengecek apakah produknya sudah habis, proses pengembalian uang menjadi rumit dan hal ini akhirnya mempengaruhi hubungan dengan pelanggan dan kredibilitas usaha Anda.


Untuk menjalankan manajemen stok yang baik ,  penting untuk melakukan  inventarisasi lengkap dari semua produk yang Anda jual, 

Menunjukkan jumlah yang tersedia dari masing-masing produk, tanggal setiap produk dan, jika memiliki produk dalam jumlah besar, lokasinya di gudang atau ruang untuk memfasilitasi lokasi yang cepat, Dari sana, lebih mudah untuk melacak produk yang di jual VS yang harus di pesan dari pemasok.



5. Pilih metode pembayaran, tentukan opsi pembayaran untuk produk atau layanan Anda, Anda dapat melakukannya termasuk deposit di akun, pembayaran kartu, Paypal, pembayaran tunai, pembayaran online, dll.



Penting untuk menawarkan bentuk pembayaran dalam jumlah bervariasi kepada klien Anda, namun, dalam setiap pembayaran disarankan untuk mengevaluasi alternatif pembayaran 

Berikut tiga persyaratan dasar pembayaran:

  • Jadikan  mudah beradaptasi : pelanggan harus dapat membayar di mana pun mereka berada, tanpa banyak kendala
  • Keamanan : dengan sistem otentikasi yang memfasilitasi dan menyederhanakan proses pembayaran
  • Menawarkan  kepercayaan dan kenyamanan : langkah sederhana tetapi dengan dukungan lembaga keuangan tradisional



6. Tentukan cara melakukan pengiriman , karena perdagangan online shop sedang booming, akuh.net menemukan semakin banyak perusahaan kurir yang menawarkan layanan yang sangat kompetitif.

Yang terpenting adalah bahwa perusahaan yang Anda pilih harus memiliki cakupan yang cukup untuk memenuhi permintaan dan di lengkapi sistem pelacakan yang aman di mana mereka akan merespons jika terjadi keterlambatan pengiriman, kerusakan dalam transportasi dan jika kehilangan produk.


Ingatlah bahwa produk Anda bisa sangat bagus, fungsional dan dalam kondisi sempurna pada saat pengiriman, tetapi jika kondisi kedatangannya tidak optimal, maka kemungkinan pelanggan tidak akan membeli lagi



7. Dengan bagian administrasi yang lebih jelas dan terorganisir, sekarang saatnya untuk mulai menarik pelanggan, kami tahu bahwa mendapatkannya bukanlah tugas yang mudah, 

Namun, ada beberapa cara yang memungkinkan Anda menjangkau mereka dengan lebih mudah, berikut beberapa idenya:



Situs web atau Blog:  

Jika Anda memiliki situs web sendiri, Anda dapat menggunakannya untuk mempublikasikan informasi berharga yang membantu pengunjung memecahkan masalah dan mengarahkan mereka untuk membeli produk / layanan Anda.


Media Sosial:

Media Sosial efektif untuk menciptakan komunitas di sekitar bisnis Anda, dengan jejaring sosial Anda memiliki visibilitas yang lebih besar, Anda menarik pelanggan lebih mudah, 

Anda dapat membuat strategi loyalitas Anda dengan konten di sana, membuka komunikasi langsung dan Anda memiliki kemungkinan mengatur konten Anda untuk menghasilkan jangkauan yang lebih luas.


Direktori Online:

Direktori Online adalah alat yang sangat baik untuk bisnis yang menawarkan layanan atau produk mereka secara lokal.


Iklan digital:

Iklancukup efektif, karena Anda dapat memperoleh persentase laba atas investasi yang sangat tinggi, dengan hasil yang sangat baik dan dengan anggaran yang sangat sedikit.


Pemasaran Email:

Membantu Anda menutup penjualan dan tetap berhubungan dengan pelanggan potensial Anda.



8. Mengukur, menganalisis dan menarik kesimpulan, mengukur kinerja bisnis Anda, ini adalah cara terbaik untuk mengetahui apakah bisnis Anda memenuhi tujuan yang di tetapkan untuk diri Anda sendiri, dan cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan mengidentifikasi volume penjualan yang dihasilkan oleh masing-masing.


Dari referensi yang miliki di katalog online Anda, umumnya, produk yang paling dicari adalah produk yang paling banyak terjual, namun Anda dapat menggunakan statistik dari setiap jaringan yang di miliki di bisnis Anda. 

Untuk membuat keputusan dan meningkatkan profitabilitas, menghasilkan tindakan berbeda yang meningkatkan penjualan (email, pesan teks, iklan bertarget, promosi khusus, dll.).


Itulah 8 Cara Menjalankan Bisnis Online Shop yang akuh.net dapat rangkum kali ini semoga bermanfaat

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url