Caranya Jualan Online Dalam 5 Langkah

Caranya Jualan Online Dalam 5 Langkah Itu benar: dengan hanya mengikuti 5 langkah Anda dapat memulai bisnis online Anda. Dan dengan relevansi besar yang telah diambil oleh penjualan online, penting bagi Anda untuk membawa bisnis Anda ke tingkat berikutnya, atau jika Anda akan memulai dari awal, lakukan dalam tren dengan tujuan untuk berkembang.



Menjual secara online mungkin tampak seperti hal yang mudah dilakukan, tetapi dibutuhkan banyak kerja keras dan perencanaan untuk menjadi sukses. Saat ini, semakin banyak perusahaan yang mengikuti penjualan online, sehingga persaingan semakin meningkat.


Kabar baiknya adalah jika Anda ahli dalam produk atau layanan Anda, Anda hanya perlu meningkatkan praktik penjualan Anda melalui media ini. Karena alasan ini, kami telah mengatur banyak informasi dukungan untuk Anda sehingga Anda tahu cara berjualan online dari awal.


Apa yang bisa dijual secara online?

Semuanya ! Ya, kami tidak bercanda. Penjualan dan pembelian online telah menarik minat banyak jenis penjual dan konsumen, misalnya: Jasa,E-book,Kursus dan masih banyak lagi


Namun sebelum Anda mulai mencari hal-hal teraneh untuk dijual di internet, penting bagi Anda untuk bertanya pada diri sendiri terlebih dahulu: apa yang bisa dibeli pelanggan saya? Tentu, Anda dapat memiliki tawaran yang menurut Anda akan sangat menguntungkan, tetapi mungkin tidak berguna bagi audiens Anda dan bisnis Anda tidak akan berhasil.


Di antara penawaran yang paling diminati adalah sebagai berikut:


1. Layanan dan pengetahuan

Sesuatu yang paling umum di internet adalah penjualan layanan: baik sebagai copywriter, desainer, produser, dan lain-lain. Agen juga mengekspos layanan mereka di media ini.


Selain itu, jika Anda ingin memposisikan diri sebagai ahli dalam industri atau sektor Anda atau hanya mempertimbangkan bahwa Anda memiliki pengetahuan untuk mengajar orang, tawaran pendidikan seperti kelas online, tutorial, diploma, antara lain, adalah sumber daya yang dicari dan dicari oleh banyak pengguna.


2. Konsultasi

Apakah Anda ahli dalam topik tertentu? Konsultasi sangat dicari oleh pengguna, karena mereka memiliki kesempatan untuk belajar dari seseorang dengan pengalaman nyata tentang suatu subjek, seperti keuangan pribadi, manajemen bisnis, pelatihan fisik pribadi, dan lain-lain.


3. Produk fisik atau digital

Anda juga bisa mencari produk atau layanan yang paling populer dan disukai oleh para netizen. Misalnya, artikel RDP VPS Dll , Aksesoris hewan peliharaan,  Produk Wifi dan Bluetooth, Aksesoris


4. Produk kesehatan

Produk yang meningkatkan perawatan dan kesehatan pribadi, baik fisik, emosional, dan mental, telah meningkatkan preferensi mereka di antara pengguna. Misalnya, laporan tahunan Global Wellness Summit menunjukkan beberapa tren gaya hidup ini, di antaranya yang menonjol:


Kesehatan perusahaan: 

Semakin banyak perusahaan yang peduli dengan kesehatan mental pekerjanya. Oleh karena itu, pembelian kelas yoga, terapi kelompok atau kegiatan rekreasi adalah akuisisi yang cukup populer.


Produk Kosmetik:

Produk kulit dan kosmetik dengan sifat CBD membantu menenangkan kecemasan dan mengurangi stres.


Produk kebugaran juga dapat menjawab kebutuhan konsumen saat ini. Sebagai contoh, kami memiliki dua produk ini:


5. Produk untuk anak-anak dan bayi

Tidak diragukan lagi, produk untuk anak kecil telah mendapatkan kekuatan yang cukup besar di pasar digital. Permintaannya begitu tinggi sehingga pemasaran untuk sektor anak-anak pun telah mengubah strateginya dan tidak lagi hanya berfokus pada ibu atau ayah, tetapi pada bayi yang sama dengan influencer atau penggunaan jejaring sosial untuk menarik mereka.


Penawaran komersial di internet bervariasi, yang merupakan peluang bagus bagi Anda untuk memulai penjualan online. Jika Anda masih belum merasa yakin sepenuhnya, baca terus untuk melihat semua keuntungan yang dimiliki pasar digital untuk Anda.


Keuntungan berjualan online



1. Investasi yang lebih rendah

Perbedaan besar tidak perlu mengeluarkan biaya awal yang besar untuk fasilitas, peralatan kerja seperti komputer dan furnitur, serta karyawan tetap. Semua investasi itu dapat digunakan untuk membuat situs web yang hebat dan pengelolaan jejaring sosial yang baik.


2. Ketersediaan jadwal

Dapatkah Anda membayangkan melayani pelanggan Anda dari tempat tidur Anda sambil menikmati kopi yang nikmat? Nah, dengan penjualan online hal ini dimungkinkan. Jam kerja menjadi lebih fleksibel dan Anda memiliki kesempatan untuk mengatur diri sendiri dengan lebih baik.


3. Pengetahuan pelanggan yang lebih baik

Berkat alat yang berbeda, seperti perangkat lunak manajemen, Anda memiliki kemungkinan untuk lebih mengenal pelanggan Anda: siapa mereka, apa yang mereka inginkan, bagaimana mereka membeli ... Informasi ini membantu Anda membuat strategi yang lebih baik untuk audiens tertentu, yaitu pengalaman pengguna yang positif dalam situs Anda.


Selain jaringan sosial, Google menawarkan berbagai solusi seperti Iklan, Analytics, atau Trends untuk membuat statistik dan mengukur pengguna Anda. 


4. Penjualan lebih gesit, lebih cepat dan lebih nyaman

Seperti yang telah kami sebutkan, fakta bahwa Anda dapat terhubung setiap saat membawa banyak manfaat dan kenyamanan bagi Anda dan klien Anda. Mereka bisa melupakan antrean panjang untuk membayar suatu produk. Untuk membeli di toko online Anda, hanya 2 langkah sederhana yang cukup: pilih produk pilihan Anda dan bayar. Siap!


5. Interaksi langsung

Jika pelanggan Anda memiliki keraguan, memerlukan klarifikasi atau informasi lebih lanjut, mereka dapat melakukannya dari tempat mereka berada melalui perangkat seluler mereka. Interaksi menjadi lebih efektif, karena Anda memiliki beberapa saluran yang melaluinya mereka dapat dilayani: jejaring sosial, email, atau chatbots.


Sekali lagi, pengalaman pengguna menjadi penting, karena pelanggan tidak perlu repot pergi ke tempat usaha Anda untuk dilayani.


6. Pasar sedang naik daun

Semakin banyak orang mempercayai e-commerce dan angka-angka tersebut membuktikannya. Selain peningkatan umum dalam pembelian elektronik, penjualan seluler diperkirakan akan menangkap sekitar 44% dari sektor tersebut pada tahun 2024. Ini menunjukkan perkiraan yang positif, karena penjualan online akan terus meningkat.


Sekarang mari kita lanjutkan ke langkah-langkah agar Anda bisa berjualan online secara efektif dari awal.


Cara berjualan online dalam 5 langkah



1. Definisikan bisnis

2. Siapkan investasi awal.

3. Membangun saluran kontak dan penyebaran.

4. Menerapkan alat penjualan.

5. Buat toko online Anda.


1. Definisikan bisnis

Menjual secara online bukan hanya tentang membuka situs web dan jejaring sosial. Jika Anda ingin mengkonsolidasikan bisnis Anda, penting bagi Anda untuk terlebih dahulu menentukan apa yang Anda jual, mengapa, dengan cara apa Anda akan melakukannya dan kepada siapa.


Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, Anda dapat mencari tren produk di internet dan menentukan produk atau layanan mana yang paling sesuai dengan kemungkinan Anda. Demikian pula, untuk mendapatkan fokus yang lebih baik, sebaiknya lakukan analisis pasar  yang dapat digunakan untuk mendeteksi tujuan, strategi, dan tindakan Anda.


2. Siapkan investasi awal

Seperti yang telah kami sebutkan, salah satu keuntungan berjualan online adalah kemudahan memulainya, dibandingkan dengan bisnis fisik. Pada tahap awal ini, investasi Anda harus difokuskan pada hal-hal berikut:


  • Pertahankan pemasok Anda jika bisnis Anda melibatkan produk fisik. Keuntungannya adalah Anda tidak memerlukan inventaris yang besar, karena Anda baru memulai dan sedikit demi sedikit Anda akan dapat mengukur permintaan.
  • Situs web bisnis Anda adalah salah satu aspek terpenting, ingatlah bahwa itu akan menjadi surat pengantar merek Anda. Jika Anda tidak memiliki banyak investasi untuk membayar seorang desainer, ada situs tempat Anda dapat melakukannya sendiri secara profesional.
  • Iklan di jejaring sosial akan menjadi sekutu hebat Anda dalam apa yang Anda kelola untuk memposisikan diri Anda secara organik. Ingatlah bahwa, sebelum melakukannya, Anda harus mempelajari audiens target Anda dengan sangat baik untuk menentukan strategi yang menarik mereka.
  • Mulailah dengan menghasilkan konten yang berharga bagi pengguna sejak awal. Misalnya, foto berkualitas baik dan deskripsi produk yang akan Anda tawarkan. Mengapa? 70% keputusan pembelian didasarkan pada persepsi dan emosi pengguna, dan memanfaatkan pemasaran konten dapat membantu Anda mencapai kreasi audiens yang lebih baik, memiliki relevansi digital yang lebih besar, dan meningkatkan lalu lintas ke situs Anda.
  • Jika Anda akan mengambil video dan foto produk atau mengiklankan layanan Anda, kami menyarankan Anda berinvestasi dalam kamera yang bagus. Ya, ini bisa sedikit lebih mahal, tetapi jangan lupa bahwa pengguna mencari yang terbaik; oleh karena itu, tawarkan mereka produksi yang berkualitas.


3. Tetapkan kontak dan Social media

Setelah Anda menentukan sekarang saatnya bagi Anda untuk menetapkan saluran mana yang akan Anda gunakan untuk membuat diri Anda dikenal. Ini penting, karena jasa konsultasi tidak bisa dijual sama dengan toko pakaian. Mereka berdua membutuhkan jenis situs web dan media sosial yang berbeda untuk menarik perhatian calon pelanggan mereka.


Misalnya, jika bisnis Anda lebih condong ke konsultasi manajemen bisnis, kemungkinan besar Anda akan menemukan target audiens Anda di LinkedIn. Di sisi lain, jika perusahaan Anda adalah perusahaan aksesori, audiens yang ingin Anda jangkau mungkin ada di Instagram.


Studi tahunan jejaring sosial 2019 memastikan bahwa 55% pengguna Internet mencari informasi di jejaring sosial sebelum memutuskan untuk membeli produk atau layanan langsung dari situs web merek.


Pikirkan tentang saat-saat ketika Anda tertarik dengan merek atau produk tertentu. Apa hal pertama yang Anda lakukan sebelum membelinya? Menyelidiki! Anda memeriksa jejaring sosial, jenis publikasi yang mereka buat, bagaimana mereka berinteraksi dengan pelanggan mereka ... Semua informasi berharga untuk tiba dengan lebih banyak kegembiraan untuk membeli barang atau layanan.


Oleh karena itu, jangan berhemat pada saluran komunikasi dan strategi yang Anda gunakan agar pelanggan Anda menghubungi Anda dan juga bisa mengetahui lebih lanjut tentang merek Anda. Manfaat jejaring sosial dalam perdagangan elektronik termasuk pengembangan merek Anda, layanan pelanggan yang dipersonalisasi, pemosisian SEO terbaik di mesin pencari, membuat komunikasi Anda lebih manusiawi, di antara banyak lagi.


Beberapa cara yang akan membantu Anda memeperkenalkan diri adalah sebagai berikut:

  • Blog untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan dan membuat mereka tetap tertarik. Selain itu, blog memberikan suara untuk merek Anda, memperkuat persepsi Anda sebagai pemimpin di sektor atau industri Anda, menghasilkan lalu lintas, dan membantu SEO.
  • Instagram, yang akan membantu Anda menarik lebih banyak pengguna dengan konten visual.
  • Facebook memungkinkan Anda membuat kampanye berbayar dengan audiens yang tersegmentasi baik, dan di sinilah Anda dapat menyebarkan blog Anda. Demikian pula, jika Anda ingin meningkatkan toko online Anda, Anda dapat mengintegrasikannya ke dalam Katalog Produk Facebook Iklan untuk mempromosikan produk Anda di Facebook, Instagram, Audience Network, dan Messenger. Manfaat terbesarnya adalah otomatisasi dan konektivitas dengan platform periklanan dan pengoptimalan algoritme antar produk.
  • Email untuk membuat kampanye surat yang efektif dan memberi tahu klien Anda tentang berita bisnis Anda. Email terus menjadi salah satu saluran paling penting untuk terlibat dengan pengguna Anda, karena memiliki banyak manfaat: segmentasi mendalam dari basis data Anda, peningkatan lalu lintas web untuk perusahaan Anda dan pengembangan identitas merek.
  • YouTube jika Anda ingin melakukan tutorial atau menyiarkan video promosi. Baru-baru ini, jejaring sosial ini menguji fungsi baru yang disebut Produk dalam video ini yang berupaya memfasilitasi pembelian produk yang ditampilkan dalam sebuah konten.


4. Menerapkan alat penjualan

Memiliki kendali manual penuh atas bisnis online Anda dari waktu ke waktu dapat membawa Anda ke beberapa kerumitan. Kami tahu bahwa Anda ingin terlibat dalam semua aspek toko online Anda, tetapi ada solusi yang dapat membantu Anda memiliki organisasi yang lebih baik.


Perangkat Lunak Penjualan HubSpotes adalah alat yang akan memberi tahu Anda siapa yang tertarik dengan produk dan layanan Anda. Anda dapat memantau kontak Anda dan mengetahui seberapa sering mereka mengunjungi Anda dan produk apa yang paling mereka sukai. Selain itu, ini memiliki urutan pengingat, email yang dipersonalisasi, dan pemberitahuan instan. Semuanya di platform yang sama!


5. Buat toko online Anda

Setelah Anda menentukan semua hal di atas, Anda siap untuk membuat toko online Anda. Langkah pertama dalam melakukan ini adalah memilih tempat untuk memasangnya. Saat ini ada banyak platform e-commerce yang siap digunakan dan tidak membutuhkan pengetahuan tentang pemrograman web.



Beberapa ciri yang harus dipenuhi oleh toko online Anda adalah sebagai berikut:

  • Pesanan dan pembayaran online: penting untuk menawarkan pengalaman pengguna yang luar biasa kepada pelanggan Anda. Dan salah satu aspek terpenting untuk disertakan di situs Anda adalah kemudahan melakukan pemesanan dan membayarnya secara instan. Ada berbagai pilihan pembayaran online yang dapat Anda gunakan, misalnya: Bitcoin, M-Banking, Ovo, Dana, Jenius Dll
  • Proses otomatis: untuk menyegmentasikan dan meningkatkan tingkat konversi di toko online Anda, yang terbaik adalah menggunakan otomatisasi proses. Dengan cara ini Anda dapat meningkatkan kinerja bisnis Anda.
  • Chatbots: selalu tersedia untuk pelanggan Anda sangat penting. Integrasi tim dukungan pelanggan, seperti chatbots, dapat membuat perbedaan besar dalam hal mengubah penjualan Anda dan mencapai kepuasan pelanggan yang lebih besar.
  • Share blog: tingkatkan pemosisian Anda dengan mengintegrasikan blog untuk e-commerce. Seperti yang telah kami katakan, blogging masih merupakan strategi pemasaran digital yang sangat diperlukan dan tidak ada bedanya untuk toko online: ini membantu Anda terhubung dengan lebih baik dengan pelanggan Anda melalui konten yang berharga dan memposisikan Anda sebagai ahli dalam industri atau sektor Anda.


Sekarang, mari kita pelajari lebih dalam tentang detail yang akan membuat toko online Anda meningkatkan peringkat mesin pencari.


Cara membuat toko online Anda muncul di Google

Setelah sukses berjualan secara online, pengusaha tidak cukup hanya membuat situs dan mulai menawarkan produknya. Muncul di tempat pencarian Google pertama telah menjadi salah satu tujuan utama, dan untuk mencapai ini, Anda harus mematuhi pengoptimalan khusus toko online Anda.


Search Engine Optimization merupakan konsep yang harus Anda kuasai jika ingin memposisikan bisnis Anda secara online dan mendapatkan trafik yang relevan. Melalui SEO Anda dapat memenuhi permintaan mesin pencari seperti Google, dengan tujuan untuk meningkatkan posisi web Anda dalam hasil pencarian mereka dan dengan demikian menarik lalu lintas yang relevan.


Agar berhasil dalam pencarian Google, Anda harus mengikuti serangkaian aturan yang akan membantu Anda memiliki posisi organik (dan menghindari hukuman karena melanggar kebijakan mereka).


Kami tahu ini mungkin terdengar agak rumit, tetapi konsep yang akan kami bagikan dengan Anda di bawah ini akan membuat pemosisian Anda semakin meningkat.


1. Cari dan pilih kata kunci

Kata kunci adalah istilah yang digunakan pengguna untuk mencari informasi di mesin pencari seperti Google. Beberapa kata ini mungkin lebih umum (misalnya, "penyedot debu murah"). Dan lainnya, lebih spesifik (misalnya, "penyedot debu murah untuk mobil"). 


Halaman-halaman situs Anda harus dioptimalkan dengan kata kunci, agar dapat dilihat oleh pencarian yang relevan dengan bisnis Anda. Kami harus memberi tahu Anda sejak awal bahwa pekerjaan ini membutuhkan banyak kerja dan kesabaran, tetapi kami dapat meyakinkan Anda bahwa hasilnya akan mengejutkan.


2. Buat Sitemap yang Optimal

Aspek Nilai untuk SEO yang lebih baik adalah situs web Anda terstruktur dengan jelas. Situs web yang terorganisir tidak hanya memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik bagi konsumen Anda, tetapi juga mempermudah untuk merayapi dan mengindeks konten Anda.


Pastikan bahwa situs web Anda tidak lebih dari tiga tingkat, karena ini akan menghalangi perayapan konten dan pengalaman klien potensial Anda. Selain itu, dengan struktur horizontal, URL situs Anda akan lebih mudah dibaca dan bersahabat.


Aspek lain yang dapat meningkatkan struktur situs web Anda dan pengalaman pengguna adalah dimasukkannya tautan internal relevan yang menghubungkan berbagai halaman toko Anda dengan cara yang logis. Misalnya, Anda dapat menghubungkan halaman gaun dengan halaman sepatu atau sandal, dan dengan demikian menawarkan kesempatan kepada pengguna untuk membeli pakaian lengkap.


Meningkatkan tampilan toko online Anda tidak hanya berarti memiliki desain yang bagus, tetapi juga menyesuaikan dengan kebutuhan audiens target Anda. Luangkan waktu Anda untuk menganalisis situs Anda, navigasikan di setiap bagiannya; Tempatkan diri Anda pada posisi pengguna dan konfirmasikan sendiri apakah kunjungan Anda menyenangkan.


Klasifikasikan konten Anda dengan baik, perbaiki menu Anda dan jika perlu jelaskan layanan dan produk Anda dengan lebih baik.


3. Tambahkan konten

Salah satu aspek yang dibawa oleh pemasaran masuk adalah menyediakan konten yang berharga bagi konsumen untuk memenuhi kebutuhan mereka. Jika Anda ingin lebih banyak pengguna mengunjungi toko online Anda, Anda perlu menawarkan mereka sesuatu yang lebih dari sekadar produk atau layanan Anda.


Ketika kami berbicara tentang konten berharga yang kami maksud adalah blog, video, infografis, dan ebook yang dapat Anda bagikan dengan pengguna. Tujuan Anda adalah untuk menarik pelanggan dan membuat mereka tetap tertarik dengan perusahaan Anda. Penyebarannya dilakukan melalui jejaring sosial atau surat dengan tujuan mengarahkan ke situs web Anda.


Dengan cara ini Anda akan memiliki interaksi yang lebih baik dengan pelanggan Anda; Sementara mereka menyelesaikan kebutuhan mereka melalui informasi yang Anda berikan, Anda memandu mereka sedikit demi sedikit untuk menyelesaikan proses pembelian mereka.


Buat Pengunjung Anda tetap tertarik dengan produk dan layanan Anda tanpa harus menyerbu mereka.


4. Kecepatan Situs Web

Kita semua benci harus menunggu halaman web selesai memuat dan bagi Google tidak terkecuali. 53% pengunjung situs web meninggalkan halaman jika pemuatannya lebih dari 3 detik.


Jika Anda ingin meningkatkan SEO Anda, sebaiknya gunakan alat yang membantu Anda meningkatkan kecepatan memuat situs Anda, seperti Google PageSpeed ​​Insights.


Jangan anggap enteng poin ini: semakin lama halaman Anda dimuat, semakin besar peluang yang Anda berikan kepada calon pelanggan untuk pergi dan mengikuti persaingan.


5.Desain web yang responsif

Saat ini terdapat lebih dari 3,8 miliar pengguna smartphoneDi sinilah pentingnya desain situs web Anda menanggapi kebutuhan dan karakteristik jenis pengguna ini.


Meskipun mencapai desain web yang responsif membutuhkan karakteristik dan persyaratan yang berbeda, ada praktik yang baik untuk mencapai situs yang sesuai untuk seluler. Misalnya: lakukan pengoptimalan untuk layar yang lebih kecil dari pengembangan awal situs Anda, konversikan situs desktop Anda ke situs online dan gunakan tema responsif yang membuat perubahan otomatis pada situs Anda saat mengunjunginya dari ponsel cerdas atau tablet.


Itulah Tadi Caranya Jualan Online Dalam 5 Langkah Sekarang, Anda tahu cara berjualan online dan Anda memiliki semua konsep dan langkah yang harus diikuti. 


Memulai bisnis digital membutuhkan usaha, tetapi jika Anda mempertimbangkan praktik yang baik, jalan menuju kesuksesan akan dipetakan dengan lebih baik.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url