Fitur Google Meet Dan Zoom Ini Ternyata Jarang Diketahui Banyak Orang

Fitur Google Meet Dan Zoom Ini Ternyata Jarang Diketahui Banyak Orang
Fitur Google Meet Dan Zoom Ini Ternyata Jarang Diketahui Banyak Orang Mungkin beberapa orang sudah mengetahui fitur-fitur ini sebelumnya, namun saya menjumpai fitur-fitur tersebut belum lama ini.

Saya hanya akan menyebutkan pada Meet saja karena saya jarang menggunakan Zoom dan kurang tahu mengenai aspek-aspek pada Zoom tersebut. Berikut ini saya sebutkan the new featured treasures of Google Meet



1. Latar Belakang Yang Bisa Disetel

Anda dapat menyetel latar belakang dengan gambar atau sekedar memberikan efek samar (blur) untuk kepentingan privasi atau lainnya.Zoom sebenarnya juga sudah memiliki fitur-fitur ini sebelumnya. Menu ini bisa diakses dengan menyalakan kamera terlebih dahulu kemudian klik tombol tiga titik lalu pilih Change Background



2 .Papan Tulis Virtual

Papan virtual dari Google, Jamboard, sebenarnya sudah ada sejak lama namun baru-baru ini kemudian dimunculkan di Google Meet untuk mempermudah penjelasan kepada audiensi. Pun, Anda sebaiknya menggunakan stylus atau drawing pad agar mudah menulis apa yang ingin Anda sampaikan.



3. bergabung dengan panggilan telepon

Jika Anda memiliki masalah dengan audio atau mikrofon pada perangkat Anda, Anda dapat menelepon nomor yang disediakan Google menggunakan ponsel atau telepon rumah Anda sehingga Anda masih tetap dapat mendengar dan berbicara dengan leluasa. Setahu saya, fitur ini hanya terdapat bagi yang berlangganan menggunakan akun G Suite perusahaan atau sekolah.



4. Mengangkat Tangan

Fitur ini juga hanya bisa dinikmati akun-akun tertentu misalnya dari G Suite for Education. Sederhananya, semua audiensi akan mengetahui bahwa Anda "mengangkat tangan" jika Anda menekan tombol angkat tangan. Mungkin sudah banyak yang tahu soal ini.



5. Melampirkan File

Penyelenggara Meet dapat melampirkan berkas misalnya dokumen atau musik yang nantinya akan dibahas bersama. Lampiran ini dapat dimasukkan melalui meeting yang sudah direncanakan menggunakan Google Kalender. Sebenarnya kita juga bisa membagikan sesuatu dengan Present now saja namun mungkin beberapa orang membutuhkan privasi yang lebih sehingga tidak mau membagikan layar mereka dan memilih melampirkan berkas ke dalam Attachments tersebut.



6. Menghidupkan Subtitle Atau Closed Captions

Apabila Anda mengikuti Meet dengan orang-orang dengan bahasa tertentu, Anda dapat menghidupkan fitur ini untuk mentranskripsikan apa yang mereka katakan. Sejauh ini, bahasa yang didukung ialah bahasa Inggris, Perancis, Jerman, Portugis(Brazil), Spanyol (Meksiko), dan Spanyol (Spanyol)[1].



7. Fitur Polling Dan Kuis

Fitur ini sangat berguna untuk organisasi-organisasi, perusahaan, dan sekolah yang menyelenggarakan suatu konferensi daring dari skala kecil misalnya pertemuan kelas atau skala besar misalnya konferensi antar perusahaan.


Pengguna tertentu (misalnya admin atau guru) dapat membuat pertanyaan untuk audiens sehingga nanti akan ditampilkan statistik hasil pilihan yang dipilih oleh audiensi (polling) dan audiens dapat menanyakan pertanyaan tertulis (Q & A). Fitur ini hanya tersedia untuk instansi yang berlangganan G Suite



8. Fitur Rekam Video


Kita dapat merekam saat video conference menggunakan zoom/meet.

Beberapa kenalan saya menggunakan fitur ini untuk membuat vidcon dengan anggota dirinya sendiri. Kemudian share screen untuk presentasi power point dan direkam. Hasilnya jadi seperti Camtasia.


Itulah Tadi Fitur Google Meet Dan Zoom yang Ternyata Jarang Diketahui Banyak Orang

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url